Outdoor ice swimming dan sauna, aktivitas favorit musim dingin di Finlandia

Kegiatan apa yang paling asyik dilakukan saat musim dingin ? Tentunya berselimut tebal di dekat penghangat atau di depan perapian sambil menyeruput coklat atau teh panas. Yah idealnya begitu. Namun tidak demikian di Finlandia. Orang-orang Finlandia memiliki cara anti mainstream yang membuat saya, sebagai orang tropis, ternganga. Berenang di luar ruangan saat musim dingin dengan dikelilingi es. Apakah mungkin aktivitas berenang di es inilah yang membuat orang-orang Finlandia menjadi penduduk paling berbahagia di dunia ?

Awalnya saya tidak tahu tentang kebiasaan ini sampai kami tiba di Helsinki dan melewati outdoor swimming pool, Allas Sea Pool, persis di sebelah pelabuhan, tempat kapal-kapal merapat. Dari letaknya saja, sudah menggelitik pertanyaan kenapa bisa ada kolam renang terbuka persis di sebelah kapal-kapal parkir ? Imajinasi saya langsung melayang ke Jakarta. Bagaimana jika di pelabuhan Sunda Kelapa atau pelabuhan Muara Angke dibangun kolam renang terbuka ? Hmmm pasti akan banyak mengundang kontroversi. Tapi di Finlandia, kolam renang di pinggir pelabuhan ini justru menambah pemandangan pelabuhan lebih cantik dan menjadi obyek wisata, baik orang lokal maupun orang asing yang ingin mencoba cara Finlandia.

Alas Sea Pool
Alas Sea Pool, kolam renang outdoor di pinggir pelabuhan. Ada tiga kolam renang di sini : sea water pool, warm water pool dan children pool

Di Allas Sea Pool ini, kami menyaksikan sekelompok orang, tua dan muda, anak kecil dan dewasa, dengan santai nya berenang-berenang dengan swimsuit bahkan ada yang berbikini. Sementara kami yang menyaksikan mereka dari kejauhan berpakaian winter rangkap lengkap dengan aksesoris shawl, topi sampai sarung tangan. Saya memperlambat langkah untuk mengamati lebih dekat dan mengambil foto sedekat mungkin. Sayangnya, letak kolam renang dengan tempat saya berdiri terlalu jauh. Sementara jika ingin masuk, saya harus ikut berenang, tidak boleh hanya foto-foto. Saat itu, saya gak punya nyali untuk ikut-ikutan ‘gila’.

Allas Sea Pool
Meskipun malam hari dan musim dingin, kolam renang justru bukannya sepi malah semakin penuh. (Photo credit : myhelsinki.fi)
Di pinggir pelabuhan Olympia, Helsinki, Finlandia
Sementara itu, orang-orang tropis ini berpakaian winter dengan lengkapnya sambil nonton mereka cold swimming

Manfaat berenang di kolam es atau kolam renang dingin saat winter

Ternyata, kebiasaan seperti ini merupakan tradisi yang sudah dilakukan orang-orang Finlandia turun temurun. Banyak alasan mereka melakukan hal seperti ini, salah satu nya merasakan pengalaman yang enak dan tenang setelah melakukan aktivitas ini.

Dalam bukunya, “The Finnish Way : Finding Courage, Wellness, and Happiness through the Power of Sisu”, seorang jurnalis Canada yang pindah ke Helsinki, Katja Pantzar, menuliskan kalau berenang setiap hari di musim dingin di Helsinki akan memberikan perasaan nyaman. Ketika pertama kali nyemplung ke dalam air, sensasi geli sampai kesemutan kemungkinan besar akan terasa di seluruh tubuh. Namun ketika keluar dari air dan berselimut handuk, badan mulai menghangat dan perasaan nyaman pun muncul. Pantzar mengaku ia malah ketagihan dan melakukan aktivitas seperti ini hampir setiap hari di musim dingin sebelum berangkat beraktivitas.

Begitu juga seperti yang diucapkan mas Galih, pengusaha muda Indonesia di Helsinki yang kini memiliki 3 rumah makan Indonesia di Helsinki. Kami ngobrol banyak dengan beliau di Helsinki. Menurut mas Galih yang menamai rumah makan nya dengan sebutan ‘warteg’, berenang outdoor di musim dingin membuat badan lebih rileks serta menambah imunitas tubuh di tengah musim dingin yang panjang dan suram di Finlandia. Sewaktu masih aktif bermain di klub sepakbola sekolah, mas Galih dan teman-temannya nyaris setiap hari berenang dan bersauna. Otot-otot yang kaku akan lemas dan terasa lebih rileks setelah berenang. Badan lebih berenergi dan enak tidur di malam hari.

Finlandia memiliki sebuah kearifan lokal yang dikenal dengan Sisu. Sisu dalam bahasa finlandia berarti ketangguhan, keteguhan dan ketekunan. “Not taking the easy way out” merupakan motto sikap sehari-hari masyarakat Finlandia. Mungkin ini juga yang mempengaruhi mereka memiliki hobi seperti ini. Nyemplung ke kolam air dingin dengan suhu sekitar 0 bahkan minus itu bukanlah hal yang mudah. Dengan mengalahkan rasa malas dan meninggalkan zona nyaman yang hangat, perasaan “menang” terhadap diri sendiri ini mungkin yang mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Mungkin ini juga salah satu resep kebahagiaan ala Finlandia, sebagai orang-orang yang diklaim paling berbahagia di dunia, seperti ditulis dalam buku nya jurnalis Katja Pantzar.

Ice swimming ini seringkali dilakukan bersama-sama keluarga atau teman. Dengan begini, mereka bisa mendapatkan waktu berkualitas tanpa gadget karena gadget tidak mungkin digunakan saat sedang berenang atau bersauna. Itu manfaat lain yang bisa didapat dari aktivitas ini.

Sauna before and after ice swimmingΒ 

Tentu saja, ice swimming tidak begitu saja dilakukan tanpa persiapan. Menurut mas Galih, nyemplung di air dingin di musim dingin pula, harus ada persiapan yang dilakukan.Β Pertama dan terutama, kondisi tubuh harus fit, tidak sedang flu apalagi demam. Kedua, lakukan pemanasan dengan bersauna sebelum nyemplung. Sauna juga merupakan salah satu aktivitas yang digandrungi di finlandia. Nyaris setiap rumah atau apartemen di Helsinki memiliki sauna. Ada sekitar 3 juta sauna di Finlandia. Orang finlandia memang gemar bersauna di musim dingin. Sauna dipercaya sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit. Sauna dan ice swimming di Finlandia seperti dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Apartemen yang kami sewa melalui airbnb.com pun memiliki sauna pribadi. Ini sepertinya tergolong apartemen termewah yang pernah kami sewa karena ada sauna nya. Tapi jangan salah, punya sauna pribadi di Finlandia adalah hal biasa. Apartemen ini cukup dekat lokasi nya dengan pelabuhan Olympia dan Allas Sea pool, tidak lebih dari 10 menit naik tram.

Sauna Helsinki
Sauna di apartemen tempat kami menginap di Helsinki, Finlandia

Langkah keempat supaya survive ice swimming adalah masuk ke kolam pelan-pelan, tak perlu terburu-buru apalagi sampai lompat. Rasakan dinginnya air menyentuh kulit perlahan-lahan dan nikmatilah. Tidak perlu menenggalamkan kepala ketika ice swimming, cukup berenang cantik dan ber-dog paddle saja.

Kelima, tidak perlu berlama-lama di dalam air, lakukan maksimal satu menit. Biasanya orang-orang bertahan di air sekitar 30 – 60 detik, lalu langsung naik, menyelimuti tubuh dengan handuk. Untuk ice swimmer profesional atau lebih advanced bisa melakukan ini lebih dari satu menit sesuai dengan kekuatan mereka. Profesional ? Memang ice/cold swimmer adalah sebuah profesi di Finlandia dan seringkali diadakan turnamen ini.

Keenam, setelah tubuh diselimuti handuk, mereka langsung menuju tempat sauna untuk menghangatkan tubuh kembali. Saat keluar dari air, dan menuju tempat sauna inilah transisi perasaan antara puas, bahagia dan nyaman itu muncul menggantikan rasa geli kesemutan akibat kedinginan di dalam air. Setelah dari sauna, para ice swimmer boleh mengulangi lagi nyemplung ke air, kemudian kembali lagi ke sauna, begitu seterusnya sampai dirasa cukup.

Selain di kolam renang outdoor, orang-orang Finlandia juga berenang di danau-danau yang ber-es. Mereka tidak ragu membolongi danau yang sudah berlapis es sampai keluar airnya, dan berendam di sana. Berikut ini video yang saya temukan di youtube.

Setelah menulis dan menyaksikan beberapa video ice swimming ini, saya langsung bertekad suatu hari nanti kami harus kembali lagi ke Finlandia dan merasakan sendiri kegilaan ala Finlandia, ice swimming. Pastinya Zola juga ikut. Insya Allah, secara mental akan lebih siap. Hehe. Ada yang penasaran mau nyoba juga ? πŸ˜‰

Happy plesiran ! πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s