Apply visa schengen lewat Prancis

Apply visa Schengen itu gampang-gampang susah, gemes-gemes nyebelin. Yah begitu deh. Meskipun ini sudah ketiga kali nya saya apply visa Schengen, tetap aja ada rasa kesal setiap kali mau apply visa. Perasaan seseorang sebagai warga negara dengan passpor yang gak begitu kuat di dunia, mau ke negara maju aja banyak banget persyaratannya 🙈. Tapi Alhamdulillah, beberapa waktu lalu visa saya baru saja approved !

Kali ini saya apply visa sendiri tanpa keluarga karena visa suami dan anak masih berlaku, sementara visa schengen saya sudah habis masa berlakunya sejak tahun 2017.

Urusan visa kali ini lancar tanpa drama, tanpa perantara. Satu hal yang perlu diingat adalah apply visa schengen itu minimal 3 bulan atau 90 hari sebelum keberangkatan. Tidak boleh mengajukan lebih dari itu karena bisa beresiko ditolak dengan uang hangus begitu saja. 

Mau lewat negara mana ? 

Prinsipnya, applicants yang apply visa lewat suatu negara, harus membuktikan bahwa dirinya masuk atau keluar melalui negara itu atau berdiam lebih lama di sana dibandingkan negara lainnya. Misalnya seperti saya, saya sudah mengantongi tiket PP Jkt-Paris-Jkt dan memang rencananya akan lebih lama stay di Prancis. Jadi saya mengurus visa Schengen lewat Prancis.

Baca juga :

Jika belum punya tiket dan masih ragu dengan destinasi, bisa minta bantuan travel agent untuk bikin dummy tiket pesawat. Pilih tiket penerbangan negara schengen yang diinginkan dan bikin sendiri reservasi hotel yang bisa free cancellation di negara tersebut. Dummy ini biasanya hanya berlaku selama 3 hari dan harus segera di-issued. Jadi, usahakan bikin dummy nya sehari sebelum jadwal interview atau beberapa jam sebelum jadwal temu di hari H. Syarat-syarat lainnya tinggal mengikuti deh.

Bagaimana langkah-langkah apply visa schengen ?

Karena saya apply visa schengen lewat negara Prancis, maka saya mengurus visa melalui TLS Contact, sebuah institusi resmi yang ditunjuk Kedutaan Besar Prancis untuk mengurusi administrasi visa. Informasi lengkap tentang mengurus visa schengen lewat prancis bisa dilihat di TLS Contact. Mulai tanggal 26 November 2018, aplikasi visa harus melalui website resmi pemerintah prancis di France Visa. Sepertinya sih di antara keduanya ini tidak jauh berbeda , ujungnya pun kita harus tetap membuat janji temu dengan pihak TLS.

Ini langkah-langkahnya :

  1. Daftar account aplikasi visa schengen online di TLS Contact sebelum tanggal 26 November 2018 atau di France Visa setelah tanggal 26 November 2018. Jangan lupa verifikasi account lewat link yang dikirimkan via email.
  2. Isi formulir dengan segala data-data di dalamnya yang menyangkut identitas pribadi, rencana perjalanan, data pekerjaan, penghasilan dan keuangan pribadi. Kalau apply visa bersama keluarga tentunya data keluarga juga harus disertakan. Formulir harus diisi dengan jujur yaa. Sekali ketahuan berbohong, bisa di-blacklisted Kedutaan Prancis. Karena itulah semua data-data yang diisi dalam formulir harus disertakan dengan bukti penunjang berupa dokumen-dokumen.
    Apply Visa Schengen lewat Prancis
    Tampilan apply visa schengen online lewat Prancis
Visa Schengen lewat Prancis
Tampilan aplikasi visa schengen di website resmi Kedutaan Besar Prancis. Informasi pribadi, visa terakhir, itinerary selama di Eropa, nomer kontak, serta dokumen-dokumen penunjang harus disiapkan. Setelah itu barulah bikin janji temu.

3. Siapkan dokumen-dokumen penunjang yang asli maupun copy. Semua dokumen harus berbahasa Inggris. Kalau ada yang belum berbahasa Inggris, harus diterjemahkan oleh penerjemah bersertifikasi. Ini dokumen-dokumen nya ya : 

  • Semua passpor lama (jika ada) dan passpor baru, minimal 6 bulan masa berlaku
  • Formulir aplikasi yang bisa diisi via online
  • Dua pas foto terbaru 3,5×4,5 cm dengan background polos (cek syarat background foto lebih dulu)
  • Copy tiket pesawat PP, semua booking-an akomodasi dan transportasi selama berada di wilayah Schengen
  • Itinerary atau rencana perjalanan
  • Copy travel insurance
  • Rekening bank selama tiga bulan, bisa juga dilampirkan deposito, paper asset seperti rekening Reksadana, dan sebagainya
  • Surat keterangan bekerja untuk karyawan yang menyebutkan nama, jabatan, hiring date, gaji bulanan, pemberian izin cuti, dan penanggung jawab keuangan selama di Eropa. Bagi freelancer, bisa membuat surat pernyaatan bekerja sebagai freelancer sendiri dengan menyertakan portfolio hasil karya. Bagi para pemilik usaha bisa melampirkan SIUP, TDP dan rekening perusahaan.
  • Slip gaji tiga bulan untuk karyawan
  • Jika pergi bersama keluarga dan kepala keluarga menjadi penanggung jawab keuangan (sponsor) untuk seluruh anggota keluarga, maka kepala keluarga harus membuat surat pernyataan yang menyatakan bertanggung jawab atas pembiayaan perjalanan untuk seluruh anggota keluarga, dengan menunjukkan bukti rekening bank, slip gaji dan atau bukti kepemilikan perusahaan.
  • Surat pernyataan pendanaan jika perjalanan seluruh keluarga dibiayai oleh sponsor yang tidak ikut dalam perjalanan, dengan menunjukkan bukti rekening, slip gaji dan atau bukti kepemilikan perusahaan pihak sponsor.
  • Jika anak di bawah umur (<18 tahun) traveling hanya dengan satu orang tua (ayah/ibu), orang tua lain yang tidak ikut harus memberikan surat pernyataan memberi izin pihak orangtua lain untuk membawa anak. Jika salah satu sudah meninggal dunia, harus menyertakan surat kematian.
  • Surat keterangan sekolah untuk yang masih sekolah atau kartu pelajar
  • Kartu keluarga

4. Bikin janji temu. Usahakan tidak terlambat sampai di tujuan, karena resikonya janji akan dibatalkan dan diganti di hari lain. Setelah menyerahkan dokumen dan membuat rekam biometric (foto dan finger print), applicants membayar visa sebesar 1.030.900 IDR ditambah 300.000 IDR untuk biaya pelayanan TLS Contact.

5. Jika sudah selesai menyerahkan semua copy dokumen penunjang dan passpor asli, sudah pula membayar visa, maka proses aplikasi bisa di-tracking di account yang sama ketika daftar online. Visa saya jadi dalam waktu 3 hari kerja saja. Pemerintah Prancis memang berkomitmen agar pelayan visa lebih cepat kurang dari 7 hari kerja.  

IMG_9486
Voilà ! 🙂

Selama ini saya mengandalkan surat keterangan kerja suami dan rekening tabungan suami, namun sejak jadi freelancer, blogger dan co-founder familygoers.com, saya bisa membuat surat keterangan bekerja sendiri disertai portfolio hasil pekerjaan saya, juga rekening tabungan saya sendiri. Jika semua dokumen sudah dilengkapi, tak ada alasan bagi Kedutaan untuk menolak visa seseorang, kecuali jika ia memiliki catatan kriminal atau masuk dalam black list.

Semoga berhasil apply visa Schengen nya ! 

Happy traveling ! 🙂

Baca juga :

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s