Apply visa New Zealand : online, paperless dan satu visa untuk keluarga

Dibandingkan mengurus visa Schengen Eropa, mengurus visa New Zealand bisa dibilang lebih simple (baca : bukan mudah, tetap saja harus menyiapkan berbagai macam dokumen). Lebih simple karena semua formulir dan dokumen bisa submit via online saja dari rumah, tanpa harus ribet nge-print. Selain itu, satu keluarga bisa dimasukkan dalam satu aplikasi (tapi tetap ada dokumen masing-masing yang diminta) dan bayar dengan satu harga.

Hal yang pertama dan terutama sih pastinya dibaca dulu persyaratan dan langkah-langkahnya di VFS Global. Supaya memudahkan, akan saya tuliskan berdasarkan pegalaman saya. Visa ini untuk jenis visa turis keluarga yang berkunjung tidak lebih dari 3 bulan.

1. Create account at Real me. Pastikan yang membuat account adalah salah satu dari anggota keluarga yang akan berangkat. Kalau orang lain, pasti nanti akan ada pernyataan yang harus ditandatangi. Setelah itu lakukan verifikasi account yang akan dikirimkan link nya via email. User name dan password yang sudah dibuat diingat baik-baik ya.

Apply Visa New Zealand
Tampilan bikin account di Real Me

2. Fill in the document.

Jika sudah punya account, log in dan klik “create new visa visitor application”. Tampilan akan seperti di bawah ini. Satu aplikasi visa ini bisa digunakan untuk sekeluarga (ayah, ibu dan anak). Apabila ada keluarga lain atau orang lain yang ikut, seperti saya yang mengajak ayah saya, maka saya membuat aplikasi terpisah untuk ayah saya dengan meng-klik kembali “create new visa visitor application” dan melalui proses yang sama. Setelah semua aplikasi lengkap terisi, keduanya (aplikasi ayah dan keluarga saya) bisa dimasukkan dalam satu group dengan meng-klik “create new group application”, kemudian ikuti prosesnya. Syarat apikasi group ini adalah semua applicant harus berangkat dan pulang dalam waktu yang sama.

Aplikasi visa NZ online
Secuplik dari berlembar-lembar halaman pertanyaan yang harus diisi online

Tidak perlu download formulir aplikasi. Langsung diisi online. Setelah itu, Anda akan diminta meng-upload dokumen-dokumen sebagai bukti. Cukup di-scan atau di-screen capture, lalu upload. Ubah semua dokumen dalam bentuk PDF dengan ukuran maksimal 10 MB. Kalau file foto harus diubah ke JPG atau JPEG. Jika ada dokumen yang terdiri dari beberapa halaman, harus dijadikan 1 file. Semua dokumen penting yang masuk dalam persyaratan harus diterjemahkan dalam bahasa inggris oleh penerjemah bersertifikat.

Berikut ini dokumen-dokumen yang saya upload langsung di real me.

  • Photo masing-masing anggota keluarga : saya, suami dan Zola. Ada spesifikasi khusus untuk foto yang bisa dilihat di sini. Spesifikasi harus diikuti seperti contoh. Suami saya harus foto ulang karena spesifikasi nya tidak sesuai.
  • Declaration form. Tinggal download formulir ini, isi dan tanda tangan digital, tanpa harus di-print. Dokumen ini merupakan pernyataan setuju dari pasangan atau anak berusia di atas 18 tahun, bahwa Anda membuat aplikasi visa untuknya.
  • Evidence of funds. Dana yang tersedia di rekening setidaknya 1000 NZD sebulan. Saya cukup menggunakan screen capture dari mutasi rekening selama 3 bulan lewat E-banking, tidak perlu repot print dan foto kopi buku tabungan. Tabungan ini harus nama sendiri atau nama pasangan. Jika tidak, harus menyertakan surat sponsorship dari pihak lain. Setting-an internet banking nya jangan lupa diubah dalam bahasa inggris dulu.
  • Evidence of accomodation and transportation reservation. Semuanya cukup di-screen capture lalu saya jadikan 1 file sebelum di-upload. Saya reserve lewat booking.com supaya bisa di-cancel kalau ternyata batal. Untuk transportasi, saya sertakan juga bukti penyewaan mobil dan kapal ferry.
  • Passport. Halaman depan masing-masing passpor, di-scan dan upload.
  • Evidence of return flight ticket. Saya tinggal upload e-ticket Jakarta-Auckland PP.
  • Evidence of relationship between applicants. Bisa pakai KK dan sertakan terjemahan Inggris nya. Kedua nya di-upload terpisah, tidak dijadikan 1 file.
  • Evidence of employment and business being undertaken. Bukti bekerja atau memiliki penghasilan suami dan istri. Untuk pemilik perusahaan harus menyertakan SIUP/TDP atau sertifikat perusahaan. Kalau karyawan harus memiliki surat pernyataan bekerja dari kantor. Sementara bagi self-employed seperti saya harus melampirkan portfolio, website atau social media. Cukup di-screen capture saja dan dijadikan dalam 1 file. Jika tidak bekerja tidak perlu melampirkan apapun.

3. Pay your visa online. Pembayaran ini juga dilakukan online dengan menggunakan kartu kredit atau debit. Asyiknya biaya visa satu keluarga sama harganya dengan biaya visa per orang, sekitar 165 NZD. Ada tambahan biaya handling fee lagi nanti saat menyerahkan passpor di kantor VFS sekitar 186.500 IDR. Setelah visa dibayar, klik submit, lalu ‘Thank you page’ akan muncul. Lembar inilah yang perlu di-print dan dibawa saat mengantarkan passpor ke kantor VFS.

4. Done !

Voilà ! Aplikasi visa sudah selesai hanya dari tempat tidur saya :D. Notifikasi akan diberikan via email bahwa saya sudah melakukan aplikasi visa online. Kemudian tinggal tunggu email pemberitahuan selanjutnya, seperti email harus menyerahkan passpor asli ke kantor VFS di Kuningan City lantai dua, Jakarta, dan email tambahan dokumen lain yang dibutuhkan jika ada, sampai email hasil aplikasi visa apakah diterima atau ditolak. Ketika menyerahkan passpor asli, jangan lupa membawa bukti pembayaran visa (Thank you page) yang didapatkan setelah pembayaran visa.

Jangan harap dapat visa yang ditempel di passpor ya, karena visa berbentuk E-visa yang dikirimkan via email dan di-print sendiri untuk ditunjukkan ke petugas imigrasi di New Zealand. Proses visa memakan waktu 6 – 20 hari kerja. Kalau E-visa saya keluar setelah 8 hari kerja.

Begini bentuk E-Visa New Zealand :

Visa
E-visa, visa kekinian dari New Zealand

Aplikasi visa online untuk keluarga ini katanya baru dimulai bulan Maret 2018. Nantinya semua aplikasi visa ke New Zealand hanya dilakukan melalui online, tidak perlu datang kecuali untuk menyerahkan passpor asli ke kantor VFS. Simple kan ?

Baca juga :

Happy plesiran ! 🙂

Advertisements

51 Comments Add yours

  1. Candra says:

    Betulkah apply visa online bisa dibayar dengan Debit?? Gak harus kartu kredit ? Tks

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Iya bisa pakai debit maupun kredit kok

      Like

      1. Tri lestari handayani says:

        Anak saya melakukan perubahan status visa dari visa student ke visa turis dengan alasan visa student tdk kunjung keluar selama 6 bulan..dan setelah kaminwithdraw lalu anak kami memproses visa turis .
        Dan kini sdh memasuki 15 hari kerja tapinbelum keluar jg.kenapa ya?

        Like

      2. Tri lestari handayani says:

        Anak saya melakukan perubahan status visa dari visa student ke visa turis dengan alasan visa student tdk kunjung keluar selama 6 bulan..dan setelah kaminwithdraw lalu anak kami memproses visa turis .
        Dan kini sdh memasuki 15 hari kerja tapinbelum keluar jg.kenapa ya?

        Like

      3. Sheika Rauf says:

        Kalo ditanya alasannya saya juga gak tau. Coba langsung tanyakan saja ke pihak terkait

        Like

  2. Rico says:

    Halo kak, untuk apply visa New Zealand apakah harus melampirkan KTP beserta terjemahan-nya? atau opsional? Terimakasih sebelumnya 🙂

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Tidak usah pakai KTP lagi

      Like

  3. madannang says:

    Apaah butuh dokumen kartu keluarga juga? Lalu untuk SIUP/TDP apakah perlu ditranslate juga ke bahasa Inggris?

    Thanks

    Danang

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Perlu kartu keluarga kalau pergi nya sekeluarga. SIUP/TDP perlu ditranslate

      Like

    2. Rika says:

      Hai mba sheika….untuk evidence of funds Dana minimal yang tersedia di rekening setidaknya 1000 NZD sebulan itu bisa untuk pengajuan visa 1keluarga (ayah ibu anak 2org) atau total 3000 NZD (akumulasi 3bulan) atau 4000 NZD/bulan ? Agak2 was2 soalnya cuma ada kisaran nzd 1000 yg mengendap selama 3bulan ini 😅 sementara mau apply utk 1 keluarga….
      Terima kasih

      Like

      1. Sheika Rauf says:

        Kemungkinan cukup mba. Tapi memang seepertinya masa berlakunya visa gak dikasih lama.

        Like

      2. Rika amelia says:

        Alhamdulillah akhirnya granted juga mba…dapat 1th 5bulan multiple….submitted 29 maret approve 11 april…yg bikin lama kurir dr vfs nya sampe 10 hari pengiriman. Terimakasih ya mba…infonya bermanfaat…saya apply e visa berdasarkan blog disini 😊

        Like

      3. Sheika Rauf says:

        Alhamdulillah. Happy traveling ya dan have fun ! 😊

        Like

  4. Nane Nurhayati says:

    Mbak sheika, mau nanya, sekeluarga itu maksimal anggotanya berapa orang ya? Kalo berlima apakah bisa?

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Bisa mbak. Asal masih keluarga (ayah, ibu & anak2)

      Like

  5. ipoenk says:

    mbak aku nanya dunk pas untuk pertanyaan ini
    Group application
    Will this visa application be submitted together with other visa applications as part of a group? *
    Yes No
    Dijawab apa ya kalo kita apply yg terdiri dr 3 family dan 2 single dalam satu group?

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Satu group itu maksudnya satu keluarga (ayah, ibu, anak). Kalau ada 3 keluarga & 2 single berarti ada 3 aplikasi group & 2 aplikasi individu

      Like

  6. Hasian says:

    Kalo seumpama udah diapproved, memang harus ngasih paspor asli ke VFS NZ juga ya mbak?
    Saya tinggal di Macau nih dan yang terdekat cuma di VFS Hong Kong. Bukannya kayak e-visa Australia juga yang cuma daper grant letter dari AU embassy?
    Masih bingung nih mbak.

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Pengalaman saya sih begitu. Passpor asli nya harus dikasih. Memang cuma dicek aja trus nanti dikembali dan dapetnya memang hanya e-visa. Dikirim aja passpor nya via pos trus minta dikirim balik lagi. Mereka ada jasa kirim kok

      Like

  7. Budi says:

    Kalo untuk dokumen bona fide itu contohnya dokumen apa aja ya? Lalu kalau saya apply visa via online katanya hanya menerima kartu kredit?

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      List dokumennya kan sudah dijabarkan di situ. Kl via online bisa terima kartu kredit dan debet kok

      Like

  8. Felik says:

    Bu permisi boleh tanya sedikit, saya juga ajuin e-visa untuk 1keluarga di visitor visa detail tertera semua anggota keluarga dan tanggal lahirnya, tapi di applicants details hanya tertera nomor passport saya apa memang seperti itu yah bu, takut ada masalah saja pas tiba di new zealand nanti
    mksh sblmnya

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Halo. Maksudnya apakah E-Visa nya sudah jadi ? Kalau E-Visa nya sudah approved, memang seperti itu kok, gak masalah lagi. Yang tertera memang hanya melakukan pengajuan sebagai perwakilan utk semua anggota keluarga

      Like

  9. Anes says:

    Selamat pagi, maaf mau tanya. Kalau saya mau ajukan visa pergi dengan kakak saya, tapi kakak saya sdh menikah, sehingga KKnya ikut suaminya sedangkan saya masih ikut ortu, semua perjalanan kakak saya yg menanggung biaya. Apakah sy msh perlu melampirkan rekening koran buku tabungan terpisah?

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Haloo. Disiapin aja takutnya ditanyain.

      Like

  10. Ferry says:

    Selamat Siang, mau menanyakan kalau untuk dokumen2 pendukung seperti KK, Akte lahir, dll perlu ditranslate ke bahasa inggris dan dilegalisir atau bisa translate sendiri tanpa legalisir?

    Terima Kasih sebelumnya

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Selamat siang. Semua dokumen harus diterjemahkan oleh penerjemah tersertifikasi dan tersumpah

      Like

  11. Widya says:

    Halo. Mau tanya dimana biasanya ada penerjemah bersertifikasi itu yah … dan bisa minta list dokumen apa saya yang kemarin anda translate?

    Berapa total hrg nya untuk visa group anda kemarin plus visa utk ayahnya?
    Terima kasih informasinya

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Halo, coba dibaca lagi ya tulisan saya. Semua jawabannya ada kok di situ

      Like

  12. Hallo.. saya sudah coba untuk create application in one group, tapi kok biayanya besar banget ya 422 NZD? Kenapa ya mba? Aplikasinya untuk mama saya dan saya, jadi berdua..

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Satu aplikasi itu bisa untuk beberapa orang asal masih keluarga, jadi bukan satu group. Coba deh cek lagi aplikasi nya. Tapi kemungkinan juga ada batas maksimal usia anak yang masih bisa masuk dalam satu aplikasi keluarga. Seperti, ayah saya itu beda aplikasi dengan saya tapi masih satu group. Saya satu aplikasi dengan keluarga (suami dan anak) karena masih satu KK, sementara ayah saya di aplikasi yang berbeda. Semoga membantu ya

      Like

  13. Mau tanya mengenai declaration form nya, INZ 1224. Yang tanda tangan principal applicant apakah kepala keluarga ( saya, yg apply visa?), lalu partnernya (istri), lalu dependant children nya yg tanda tangan hanya yg usia diatas 18 tahun saja? Saya punya anak usia 20, 16 & 14.
    Terima kasih

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Waktu itu sih yang tanda tangan saya dan suami saja berhubung anak saya juga baru 10 tahun

      Like

  14. gitta says:

    halo mba mau tanya, saya mau pergi dengan istri saya (1 KK), itu apakah perlu klik new visitor visa lagi dan masukin dokumen istri saya dr awal lagi atau data istri saya sudah akan otomatis dibuatkan visa ketika sy sdg isi kelengkapan data untuk saya (kan ada data partner nya) ?

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Haloo,

      Masing2 harus diisi kelengkapan data nya, jadi harus tetep diklik new visitor visa. Nah permohonan visa ini yang dijadiin satu aplikasi. Semoga membantu yaa

      Like

  15. Donny says:

    Hi mba,

    Saya sudah mengajukan aplikasi untuk satu keluarga, sudah ada panggilan untuk scan passport.

    Saya lihat komen diatas bahwa untuk grup memang hanya tertera satu nama, pertanyaannya, apakah untuk untuk receipt apakah tertera nama masing2 applicant ?

    Punya saya, cuma tertera nama saya saja, tidak ada nama yg lain, waktu itu punya mba bagaimana y ? Trus nanti hasil visa via email apakah masing2 applicant ? Atau cuma 1 ?

    Mohon pencerahannya

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Iya memang hanya satu nama, tapi di bawahnya juga tertera nama2 applicant lainnya kok. Saya sudah posting visa nya, bahkan itu jadi cover tulisan ini

      Like

      1. Donny Sadono says:

        Hi mba,

        Terima kasih atas responsenya.

        Untuk yang dicover itu visanya ya ? Ini maksud saya, di tax invoice atau receiptnya.

        Punya saya cuma tertera satu nama aja. Orang vfsnya bilang, harusnya tertera nama lain, tp ada yg bilang juga ini sudah termasuk keluarga meskipun ga muncul.

        Apakah saya harus apply ulang untuk keluarga lainnya ya ?

        Liked by 1 person

      2. Sheika Rauf says:

        Saya lupa dulu receipt nya hanya nama saya aja atau sekeluarga. Coba telp ke VFS dan tanya knp bisa begitu dan apa yg harus dilakukan ?

        Like

      3. Donny Sadono says:

        Hi Mba,

        Akhirnya saya langsung email ke immgrasi NZ, Alhamdulillah ada response. Dia bilang gpp, ga buat masing2 dan semua visa sedang (1 keluarga) sudah di proses.

        Terima kasih banyak.

        Like

      4. Sheika Rauf says:

        Sama2. Semoga lancar dan have fun ya 🙂

        Like

  16. Didik WM says:

    Udah nyicil upload dokumen dari bulan Mei dan cuma di save aja dulu di applikasi visa online nya. Upload dokumen terakhir Rabu kemarin tgl 12 Juni dan langsung submit online, besok nya dapet jawaban untuk submit passport ke VFS.

    Jumat sore tg 14 Juni dateng ke VFS untuk submit passpor, setelah bayar dan di suruh tunggu email dari immigrasi. Oh iya, passpor nya ga perlu ditinggal di sana ya, jadi selesai ditunjukan ke petugas, kita bisa bawa kembali.

    Dan pagi ini, 17 Juni Visa approved… insanely fast…. !

    Thanks udah sharing tips2 nya ya Mba, very helpfull…..

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Sama2. Seneng banget kl bisa berguna 🙏

      Like

  17. Haryanti Ling says:

    Hi, mbak!
    Mau tanya dikit nih….kalau kita 1 family tdd 5 org( bpk,ibu dan 3 org anak),,, dan masih dalam 1 KK,,berarti harga visa NZ yg kita bayar hanya utk sebesar pengajuan visa 1 org aja,,,betul mbak?

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Haloo. Iya betul mbak

      Like

  18. Waraqah says:

    Thanks sudah berbagi info-nya

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Haloo, terima kasih ya sudah mampir & membaca 🙏

      Like

  19. Picco Novradara says:

    Mbak, saya mau tanya. Jadi saya mau liburan ke NZ dengan keluarga inti saya ( suami dan anak dalam 1 KK) dan orang tua saya (beda KK) nah semua biaya perjalanan akan saya tanggung. Jadi saat di aplikasi visa orang tua saya nanti apakah bukti keuangannya sy uploadkan rekening koran saya? Kemudian perlu gak saya isi form sponsorship? Trims jawabannya mbak.

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Halo, iya mba lampiran bukti keuangan di-upload di aplikasi visa orangtua dan isi form sponsorship juga. Semoga membantu ya

      Like

  20. koperkuning says:

    Mba, mau nanya untuk visa yg aplikasinya suami istri berarti itu letter approvalnya barengan ya? jadi 1 lembar? soalnya saya apply tp kok cuma ada 1 lembar..terimakasih Mba

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Iya barengan. Dalam satu visa memang ada lebih dari satu nama sesuai yang didaftar waktu apply

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s