Main ski dengan harga lebih terjangkau di Vogel, Slovenia

Main ski. Itulah salah satu tujuan europe trip kami kali ini. Maksud hati mau main ski di Swiss atau Prancis. Tapi setelah lihat harganya, jantung saya langsung berdegup, tak terbayang jumlah tagihan kartu kredit di akhir bulan nanti.

Masih banyak jalan lain menuju Roma, masih banyak cara lain untuk mencapai tujuan kami kali ini : main ski ! Kalau tidak cukup budget nya untuk main ski ke Prancis atau Swiss, kenapa tidak kami belokan saja arah kami untuk mencapai tujuan. :). Setelah browsing, ternyata ada beberapa negara di Eropa tempat main ski asyik dan sama seru nya tanpa harus mengerus uang lebih banyak. Slovenia !

Ada banyak spot ski di Slovenia. Semuanya cantik dan menggunakan salju asli dari alam bukan artifisial (baca : tiruan). Haha, memang sekarang banyak tempat-tempat untuk ski yang mulai pakai artificial snow. Selain itu, beberapa wilayah ski di Slovenia pernah dipakai untuk tempat kejuaraan ski dunia. Dan yang terpenting lagi buat saya, sebagai menteri keuangan rumah tangga, main ski di sini jauh lebih murah daripada di Swiss atau Prancis. Penginapan, dari resort, hotel, apartment di Slovenia juga pastinya jauuuuuuh lebih murah daripada di dua negara yang saya sebutkan di atas. Makanan juga sama, lebih murah dari dua negara tersebut. Budget pun jadi bisa ditekan semaksimal mungkin, namun esensi kebahagiaan dalam plesiran tetap terjaga. Plesiran tetap bisa happy 🙂

Bagi yang ingin tahu budget europe trip saya ke Slovenia, termasuk Ceko dan Austria, silakan disimak :

5 juta keliling Praha (Republik Ceko), Wina (Austria) dan Vogel-Bohijn (Slovenia) 7 hari

Di Slovenia ada beberapa pliihan tempat main ski yang bikin saya awalnya cukup kebingungan mau pilih yang mana. Namun, setelah menimbang, saya memutuskan main ski di Vogel aja. Alasannya apa ? Pastinya pertama dan terutama, Vogel ini termasuk spot ski yang family friendly dan cocok untuk beginner seperti kami. Ski slope nya juga gak curam amat. Saya harus memastikan keamanan ber-ski untuk Zola (8 tahun) dan ayah saya (64 tahun). Kedua, daerah sekitar vogel ini cantik dan touristy, ada danau Bohijn, danau Bled dan taman nasional Triglavski Narodni. Dua alasan itu yang menguatkan saya memilih Vogel Ski Resort.

Bagaimana cara mencapai Vogel ?

Slovenia adalah negara ketiga yang kami kunjungi di europe trip kali ini. Kami berangkat dari Wina menuju Slovenia dengan menggunakan kereta, bukan pesawat. Lagi-lagi alasannya untuk menghemat budget. Haha. International Airport terbesar di Slovenia hanya ada di Ljubljana, ibu kota Slovenia. Jangan bayangkan airport nya sebesar Soekarno Hatta. Airport Ljubljana Jože Pučnik hanya berupa airport dua tingkat dan berukuran kecil. Tidak banyak frekuensi rute penerbangan yang dilayani, karena itulah naik pesawat ke Slovenia relatif lebih mahal.

Kami menggunakan kereta Australian Railway dari Wina ke Ljubljana. Bisa dicek di sini untuk pembelian tiket via online. Dari stasiun Wien Hbf, kami transit di stasiun Villach Hbf, masih bagian dari Austria, kemudian berganti kereta menuju Ljubljana. Harganya sekitar 400 ribu / orang, lebih murah jika dibandingkan ongkos naik pesawat yang bisa tiga kali lipat. Lama perjalanan dari Wina ke Ljubljana memakan waktu sekitar 6 jam. Ljubljana juga bisa dicapai naik kereta dari kota-kota tertentu di Italia, salah satunya lewat Venice.

Di dalam kereta menuju Villach Hbf
Di dalam kereta, dari Wien Hbf menuju Villach Hbf

Begitu sampai di Ljubljana, kami langsung disambut Dejan, pemilik rental mobil ideal rent. Saya sudah menyewa mobil via website ideal rent sebelum keberangkatan kami ke eropa. Ideal rent adalah perusahaan rental mobil lokal. Saya memilih tidak menggunakan perusahaan yang sudah ternama, seperti hertz, sixt, europcar, dan semacamnya. Setelah membaca beberapa review yang sangat baik tentang ideal rent, maka saya langsung mengontak Dejan. Menurut beberapa review, ideal rent ini memberikan harga di bawah harga perusahaan rental besar. Harga yang ditawarkan pertama kali adalah harga yang akan kita bayar, tidak ada tambahan biaya apapun. Tidak seperti biasanya kalau kita menyewa mobil di perusahaan rental lain, selalu ada tambahan di akhir pemakaian. Nilai plus lain adalah Dejan, sang pengelola, terjun langsung menyambut ramah para kliennya.

Setelah serah terima mobil, berangkatlah kami menuju Ukanc, suatu desa di Slovenia, dekat dengan Vogel. Dari Ljubljana ke Ukanc berjarak sekitar 60 km dan memakan waktu hanya sekitar 60 menit. Hanya satu menit untuk jarak tempuh satu km. Bebas macet dan hanya ada pemandangan indah dan indah. Asyik kaaan 🙂

Mobil sewaan all-new peugeot 2008
Mobil sewaan all-new peugeot 2008 dari ideal rent yang membawa kami ke Ukanc

Bisa naik transportasi umum selain menyewa mobil ?

Tentu saja bisa. Meskipun tidak semudah dan frekuensi nya tidak sesering transportasi umum di negara Eropa Barat, namun transportasi umum di Slovenia cukup memadai. Pastikan hotel tempat tinggal dekat dengan halte bus dan stasiun kereta karena risiko nya, para tukang plesir bisa berjalan jauh. Tidak ada taksi yang mangkal atau melintas di Vogel dan sekitarnya. Jika ingin menggunakan taksi, harus reservasi dulu setidaknya satu hari sebelumnya.

Perhatikan jadwal kereta dan bus, serta stasiun dan halte pemberhentian bus. Informasi tentang kereta (pembelian tiket, jadwal dan stasiun) bisa di klik di sini. Sementara untuk bus bisa dilihat di sini. Kalau ingin reservasi taksi bisa langsung pesan di sini dengan harga bervariasi tergantung jenis mobil dan jarak tempuh. Jika ingin menggunakan transportasi publik, persiapkan semua informasi minimal satu hari sebelumnya karena jadwal bus dan kereta tidak sering, bahkan ada beberapa tempat hanya dilalui kereta atau bus satu kali dalam sehari.

Bagaimana akomodasi di sekitar Vogel ?

Ada beberapa pilihan akomodasi di dekat Vogel, kebanyakan menyediakan akomodasi berupa apartemen, lengkap dengan segala perlengkapannya. Pas sekali untuk tukang plesir dengan keluarga, seperti saya. Harganya rata-rata mulai dari 500 ribu rupiah semalam. Namun memang beberapa lokasi penginapan letaknya cukup terpencil, jadi hanya bisa ditempuh dengan mobil atau taksi. Seperti lokasi penginapan kami, apartment Lake Bohijn, yang terletak di Ukanc. Meskipun letaknya memang tidak jauh dari Vogel, namun cukup terpencil.

Kami sampai di Ukanc pukul 10 malam, saat si pemilik apartemen mungkin sudah tertidur dan area sekitar apartemen sudah gelap, hanya menyisakan lampu temaram di teras, dan itupun mati otomatis jika tidak ada manusia yang lewat. Sempat degdegan dan terlintas pikiran bahwa kami akan tidur di mobil malam itu. Sayapun menelpon si pemilik untuk minta check in. Jika pemiliknya tidak menjawab telpon saya, maka jadilah kami menginap di mobil. Untungnya sang pemilik segera menjawab dan mengabarkan dia sedang tidak di tempat. Terkejut, namun saya kembali lega karena ternyata ibu dari yang punya tempat akan menyambut kami, mengantarkan dan menjelaskan sedikit dengan bahasa inggris yang sangat terbatas.

Semua happy menginap di sini, apalagi Zola. Begitu pagi datang dan saat kami hendak bersiap menuju Vogel Ski Center, Zola sudah siap menunggu kami sambil bermain trampolin mini di halaman apartemen yang sangat luas.

17457996_10154788084208110_8743979410340520013_n
Si anak kecil asik main trampolin

Berapa biaya main ski ?

Harga ski pass untuk setengah hari 25 eur atau sekitar 380 ribu, sementara untuk satu hari 30 eur atau sekitar 450 ribu. Ski pass ini bisa digunakan untuk masuk area ski yang berbayar dan memanfaatkan fasilitas ski lift. Namun, karena kami adalah pemula, petugas loket tidak menyarankan kami membeli ski pass, melainkan hanya tiket cable car pulang pergi saja, seharga 14 eur atau sekitar 210 ribu, dan tiket anak-anak 9 eur atau sekitar 135 ribu. Untuk informasi harga lebih lengkap dan informasi lainnya tentang vogel ski resort silakan klik di sini.

17457594_10154788087283110_4513120557023080309_n
Di depan loket Vogel Ski Centre
17342475_10154284168696044_2214518522198134396_n
Di dalam cable car menuju ski slope
17353326_10154284350801044_8428014404941945947_n
Sampai di puncak gunung dengan ketinggian 1535 meter

This slideshow requires JavaScript.

Main ski tentunya dibutuhkan segala perlengkapan dari carving ski, ski boots, ski pole, gloves, sunglasses, helm, sampai celana ski anti basah. Bagi yang ingin main snowboard juga disediakan perlengkapan snowboard lengkap. Semua perlengkapan ini disewakan di tempat penyewaan tidak jauh dari ski slope. Kami hanya menyewa perlengkapan ski yang penting saja, yakni carving ski, ski boots, ski pole dan gloves, seharga 20 eur atau 300 ribu seharian untuk satu set standar alat ski. Sementara harga untuk anak-anak 13 eur atau 200 ribu rupiah.

Jadi untuk main ski seharian ongkosnya sekitar 500 ribu / orang, sudah termasuk cable car dan perlengkapan ski. Biaya ini lebih murah dibandingkan main ski di Prancis dan Swiss yang bisa mencapai jutaan rupiah.

fullsizeoutput_3ebf
Let’s go !
17352289_10154284364686044_1888483901308404954_n
Ready, set, go !
Ready to ski
Yeay, we did it, Bunda !
Sekolah Ski dan tempat penyewaan ski

Tempat penyewaan ski ini juga menyediakan fasilitas kursus ski bagi para pemula. Semakin banyak peserta, maka harga akan semakin murah. Namun, jika ingin ikut kelas ski, diperlukan reservasi via online lebih dulu, tidak bisa langsung datang dan ikut begitu saja. Sekolah ski di Vogel ski resort ini ada Ski Finzgar atau Alpinsport. Tinggal pilih saja di antara keduanya. Mereka memiliki fasilitas dengan harga yang serupa. Cap cip cup saja.

Untuk area ski resort mana saja selain di Vogel, nanti akan saya share di cerita berikutnya. Mau main ski di Eropa yang terjangkau ? Ke Slovenia aja ! 🙂

Happy plesiran ! 🙂

Advertisements

2 Comments Add yours

1. Dina says:

Loveky impressions from your travels! 🙂