5 juta keliling Praha (Republik Ceko), Wina (Austria) dan Vogel-Bohijn (Slovenia) 7 hari

Setelah saya membuat rincian perjalanan keliling negara-negara Scandinavia di sini. Kali ini saya akan buka-bukaan budget yang kami keluarkan pada trip Eropa jilid 2 ini. Siapa tau bisa menulari virus plesiran ini ke siapapun yang membaca :). Budget trip Eropa Tengah ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan budget trip ke Eropa Utara dan Eropa Barat.    

Jadi, kalau mau ke Eropa dengan budget cukup terjangkau ? Pergilah ke Eropa Tengah atau Eropa Timur. Untuk biaya hidup di sana pun lebih murah dibandingkan dengan di Eropa Barat. Supaya tidak bingung negara mana saja yang termasuk negara-negara Eropa Tengah & Timur itu, silakan disimak peta berikut ini. Kecuali Denmark, Swedia, Norwegia dan Finlandia, itulah negara-negara Eropa Tengah dan Timur. Negara-negara di sini tak kalah cantik dan instagrammable, yang terpenting lagi adalah lebih murah 🙂

EEurope
Peta Eropa Tengah & Eropa Timur. Sumber gambar : http://www.russia-insider.com

Mari kita rincikan satu per satu biaya yang diperlukan untuk akomodasi dan transportasi perpindahan antar negara. Biaya ini tidak termasuk biaya tiket pesawat PP Jakarta – Paris – Jakarta. Waktu itu saya cukup beruntung mendapatkan harga promo Singapore Airlines PP Jakarta – Paris seharga 9,5 juta rupiah. Biaya ini saya hitung sejak dari Paris dan kembali lagi ke Paris yah. Akomodasi di Paris nya sendiri tidak saya hitung. Kami pergi berlima, 4 dewasa dan 1 anak. Budget ini saya rinci prorata per orang. Periode plesiran Eropa Tengah ini adalah tanggal 11 – 17 Maret 2017.

Day 1 – 3 : Paris – Prague

Budget pesawat Paris – Prague (Easy Jet) : Rp 1.100.000 / orang

IMG_8691
Easy Jet dari Paris ke Prague

Kami tiba di Paris pukul 7.10 pagi. Kemudian nyambung naik pesawat Easy Jet pukul 11.55. Setelah membanding-bandingkan harga dan waktu perjalanan, saya lebih memilih penerbangan PP Jakarta – Paris – Jakarta, kemudian mencari lagi terpisah untuk penerbangan Paris – Prague, bukan langsung mencari Jakarta – Prague. Pertimbangannya, karena lebih menghemat waktu, tenaga, dan dari segi biaya juga lebih murah.

Pesawat Easy Jet cukup nyaman dan berangkat tepat waktu. Biaya bagasi terpisah dari harga tiket. Harga di atas sudah saya hitung dengan biaya bagasi. Satu bagasi per orang maksimal 20 kg. Beli bagasi langsung via online lebih murah dibandingkan beli di airport. Oiya, satu lagi catatan saya tentang Easy Jet yang kami tumpangi saat itu. Semuanya pramugara, tidak ada pramugari satupun. Iyaaa, laki semua ! Saya menyesal tidak percaya diri minta foto bersama mereka 😀

Budget akomodasi di Prague : 500.800 IDR / orang untuk dua malam

Saya menyewa apartemen lewat airbnb. Harga total untuk 2 malam sebenarnya 2.504.000 untuk kami berlima, dengan 2 kamar, living room dan dapur. Letak penginapannya di tengah kota, di daerah Vinohrady, Praha 2. Kami cukup berjalan kaki ke Old Town Square. Untuk informasi saja, penginapan hostel untuk satu orang di tengah kota di Praha mulai dari harga 150 ribuan per malam. Sementara untuk keluarga dengan satu anak, penginapan apartemen di daerah Praha 2 (termasuk central) mulai 500 ribuan per malam.

Tips transportasi dalam kota:

  1. Dari airport ke penginapan, jika jumlah orang cukup banyak, seperti kami yang pergi berlima, dan barang bawaan otomatis juga banyak, pakailah taksi. Lebih hemat dan mudah, karena tranport umum dari airport hanya bisa dijangkau dengan bus, lalu oper ke stasiun metro. Selain itu koper yang kita bawa ke dalam bus pun akan dikenakan biaya. Satu koper hargnya setengah dari harga penumpang dewasa.
  2. Saya lebih memilih penginapan di tengah kota karena obyek wisata lebih banyak mengarah ke sekitar old town square dan charles bridge. Kalau sudah di tengah kota, jalan kaki pun lebih menyenangkan. Bisa menghemat ongkos transportasi kan 🙂
  3. Kalaupun beli tiket transport, harga single use 24 CZK (sekitar 12 ribu), sementara tiket 24 jam 110 CZK/dewasa (sekitar 55 ribu). Harga tiket anak setengah dari dewasa. Beli saja tiket satuan dan sering-seringlah jalan kaki. Setiap sudut kota Praha cantiiiiiik.
  4. Pakai uber kalau kepepet ! Uber bisa digunakan di Praha. Harganya juga tidak terlalu mahal, kok. Ada tiga jenis service uber : uber pop, uber select dan uber black. Uber pop adalah yang paling murah. Kalau sudah terlalu malam berjalan-jalan, saya pilih pulang dengan uber pop.

Day 3 – 5 : Prague – Wina

Budget kereta Prague – Wina (Czech Railways) : 242.000 IDR / orang

Perjalanan dari Praha ke Wina memakan waktu sekitar 4 jam naik kereta. Kalau naik pesawat pastinya lebih cepat tapi jauh lebih mahal ya. Ketika pesan kereta pilih harga dengan reservasi. Pelajaran saya kemarin, saya memilih harga tiket tanpa reservasi. Jadi awalnya kami bisa duduk di mana pun, namun jika ada orang yang mengklaim kursi nya sudah direservasi, maka kami harus pindah. 

Budget akomodasi di Wina : 471.000 IDR / orang untuk dua malam

Di Wina, kami juga menyewa apartemen lewat airbnb. Letaknya juga di tengah kota, yakni di daerah Untere Viaduktgasse, 20 menit naik taksi dari stasiun Wien Hbf. Harga dua malam untuk apartemen yang cukup besar buat kami berlima berukuran sekitar 70 m2, dengan tiga kamar, satu ruang makan, toilet dan dapur, seharga 2.250.000 IDR.

Harga akomodasi di Wina lebih mahal dibandingkan dengan Prague. Harga penginapan di tengah kota mulai dari 500.000 IDR.

Tips transportasi dalam kota :

  • Transportasi di Wina amat sangat mudah, tram menjangkau bahkan sampai di blok-blok apartemen. Stasiun metro juga nyaman. Peyewaan sepeda pun tersedia di setiap sudut kota. Beli saja tiket transport 24 jam seharga 7,6 EUR. Karena tidak ada tiket 24 jam untuk anak-anak, maka saya disarankan petugas untuk membeli tiket 24 jam seharga 13,90 EUR (berdua dengan Zola) dengan diskon masuk berbagai museum.
  • Jika terbiasa menggunakan google map, maka google map di sini tidak bisa dipakai. Gunakan aplikasi qando, tersedia untuk ios maupun android. Fungsinya sama dengan google map. Awalnya mungkin membingungkan, namun setelah menggunakannya pasti mengerti.
Aplikasi Qando pengganti Google Map

Day 5 – 7 : Wina – Ljubljana

Budget kereta Wina – Ljubljana (Austrian Railway) : 400.000 IDR / orang

Perjalanan dari Wina ke Ljubljana (Slovenia) cukup panjang, sekitar 6 jam, dibandingkan naik pesawat yang hanya kurang dari 1 jam. Kami memilih naik kereta karena tentunya harga jauh lebih murah, dan ternyata cukup nyaman. Tidak ada kereta yang langsung ke Ljubljana, jadi kami harus transit dulu di sebuah stasiun Villach Hbf yang masih bagian dari Austria. Agak merepotkan pergantian kereta ini, karena waktu yang kami miliki hanya sekitar 20 menit mencari peron kereta, dan ternyata lokasinya ada di bawah. Dalam kondisi seperti itu, jangan pernah ragu bertanya ke sana dan ke sini, juga jeli melihat papan petunjuk.  

Budget akomodasi di Bohijn (Slovenia) : 430.000 IDR / orang untuk dua malam

Dari ljubljana kami langsung menuju Bohijn. Rencana ingin sightseeing sekitar Ljubljana pun kandas karena waktu sudah terlalu malam menurut standard Slovenia :D. Pukul 8 malam, jalanan sudah sepi. Lagipula kami sudah lelah setelah menempuh perjalanan sekitar 6 jam. Akhirnya kami hanya mampir di pom bensin untuk beli bensin, makanan ringan, dan sim card. Karena transportasi umum dari Ljubljana ke Bohijn terbatas hanya sampai jam 7 malam, maka saya memutuskan menyewa mobil di sini. 

Tips transportasi dalam kota :

Kami menyewa mobil di Slovenia dari Ideal Rent, sebuah jasa penyewaan mobil lokal. Pemilikinya adalah warga Slovenia yang sangat ramah. Saya memilih jasa ini dibandingan jasa penyewaan mobil yang sudah mendunia dari beberapa review yang baik di trip advisor. Harga sewa mobil sudah fix di awal tanpa tambahan harga apa-apa lagi yang tersembunyi. Biasanya kalau menyewa mobil lewat perusahaan besar seperti Hertz, Europcar, Sixt dan semacamnya, harga estimasi awal akan berbeda dengan harga akhir yang tidak pernah kita ketahui sampai tagihan kartu kredit masuk. 

Budget sewa mobil tipe all-new Peugeot 2008 selama di Slovenia : 110 eur untuk dua hari atau sekitar 1.600.000 IDR.

Saat kami menerima kunci mobil, kilometer mobil baru sekitar 1000 km, berarti memang masih benar-benar baru. Alhamdulillah, sungguh beruntung. 🙂

 

Setelah dirinci semua biaya transportasi antar negara dan akomodasi di dalam kota, mari kita hitung total budget trip Eropa Tengah kali ini. Maka jumlah totalnya adalah 4.743.800 IDR / orang :).

Perjalanan kali ini sungguh bikin happy hati dan kantong. Budget di atas itu bukan budget ala backpacker yaa yang tentunya masih bisa ditekan lebih murah lagi, misalnya dengan mengganti kereta dengan bus dan tidur di hostel. Namun jika bepergian bersama anak dan orang tua, budget seperti itu sudah sangat nyaman dan menyenangkan.

Semoga berguna yaa 🙂

Happy plesiran ! 🙂

Advertisements

7 Comments Add yours

  1. Feri Nigam says:

    Mantapp, jejak dulu

    Like

  2. angel rumekso says:

    hai mba mau tanya di praha menginap dimana ya?

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Halooo, saya nginep di daerah vinohrady praha 2, nyewa lewat airbnb

      Like

  3. Ayun says:

    Mohon info untuk sewa mobil d eropa, apakah sim A/ Sim B Indonesia bisa digunakan?

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Tergantung negara nya, ada yang bisa terima, ada yang harus pake sim internasional. Saya pernah nulis pengalaman saya nyetir di eropa di sini https://plesirankeluarga.com/2016/08/29/tips-menyetir-dan-menyewa-mobil-di-eropa-gampaaaang/

      Like

  4. david says:

    ingin tanya ketika sewa mobil di slovenia, apakah perlu sim internasional atau cukup sim lokal saja ya?

    kebetulan saya lagi ada di ljubjlana, kata PIC europecar nya bisa sim lokal saja, tetapi utk pastikan jika ada razia di jalan (preventif)

    terima kasih

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Bisa kok pake sim lokal. Di beberapa negara eropa, sim internasional malah gak laku

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s