15 menit jadi bikin SIM Internasional

Senyum sumringah langsung menghiasi wajah saya ketika keluar dari kantor pelayanan pembuatan SIM Internasional di Jalan MT Haryono, gedung Korlantas Polri, persis di sebelah kantor NTMC Polri. Tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya, urusan yang bertele-tele, calo, dan sebagainya, ternyata mengurus SIM Internasional ini jauuuuuuh lebih mudah dan cepat daripada SIM lokal.

Langsung terbayang, kan, jelimetnya mengurus pembuatan SIM. Tes kesehatan, ujian tulis yang amat sangat susah lulusnya, belum lagi ujian praktik. Banyak orang yang harus mengulang berkali-kali untuk bisa lulus ujian, termasuk saya. Tiga kali saya gagal ujian, saya menyerah, calo pun beraksi !, pssstt rahasia umum kan yah 😉

Sangat berbanding terbalik dengan pembuatan SIM Internasional yang sangat mudah dan cepat, ditambah senyum ramah para petugas. Pagi itu, saya dan suami datang sekitar pukul 10 pagi. Sebenarnya jam buka kantor pelayan SIM Internasional mulai pukul 8.30. Jadi waktu saya datang, belum terlalu ramai orang. Begitu saya datang, saya langsung mengambil nomer antrian dan duduk manis menunggu dipanggil.

Semua akan berjalan lancar asalkan pemohon membawa lengkap semua persyaratan yang diminta. Lalu apa saja yang harus dibawa ? Mudah, kok !

  • KTP asli dan fotokopi, untuk WNA jangan lupa bawa KITAP asli dan fotokopi
  • Passpor asli dan fotokopi
  • SIM yang masih berlaku dan fotokopi
  • Pas foto 4 x 6 terbaru, berlatar biru, sebanyak 4 lembar (untuk perempuan memakai blazer dan laki-laki berdasi)
  • Materai 6.000
  • Biaya pembuatan SIM sebesar 250.000 IDR

Kalau itu semua sudah dibawa, tinggal mengisi formulir yang diberikan petugas yang ramah. Permohonan SIM internasional bisa berlaku untuk mobil, motor, bus, ataupun truk. Tergantung pengalaman menyetir masing-masing. Kalau saya, sih, cukup SIM mobil saja 😀

Proses hampir selesai setelah mengisi formulir, menyerahkan semua persyaratan dan melakukan pembayaran. Tunggu giliran selanjutnya untuk foto dan perekaman sidik jari. Voila ! kurang dari 5 menit, setelah foto dan sidik jari, SIM sudah jadi dan berlaku untuk 3 tahun. Horeeeee ! Terima kasih, pak polisi ! 🙂

thumb_IMG_2108_1024
SIM Internasional golongan B, setara dengan SIM A

Sesuai dengan rencana dalam itinerary, kami akan menyetir di Eropa, dengan pertimbangan lebih mudah dan murah menuju lokasi dibandingkan transportasi lain, juga nyaman untuk anak.

Eh ternyata, tidak semua SIM Internasional berlaku di semua negara, loh. Cerita tentang pengalaman saya menyetir dan tips menyewa mobil di Eropa bisa dibaca di sini.

Cukup mudah dan cepat kan proses pembuatan SIM Internasional ?

Happy plesiran ! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s