20 jutaan bisa keliling Scandinavia + Prancis (bonus Belanda) 15 hari

Hah serius ? Masa sih ?

Iya beneran bisa. Saya sudah membuktikannya sendiri. Suatu hari di toko buku, saya pernah lihat ada traveler yang menulis buku tentang budget keliling scandinavia ini. Kurang lebih jumlahnya sama. Ia sudah membuktikan, saya pun sudah. Berarti memang bisa kan ?

Ketika saya posting foto-foto plesiran keliling Scandinavia di social media, ada beberapa teman yang menanyakan itinerary sampai budget. Demi menyebarkan virus traveling ke teman-teman, kerabat, dan handai taulan, maka saya tak akan pelit membagikan itinerary dan budget, plus tips untuk plesiran kemarin. Ternyata memang gak sedahsyat itu, gak perlu jadi kaya raya juga nunggu punya uang ratusan juta hingga milyaran untuk bisa keliling eropa.

Mau nyontek ? Memang ini ditulis untuk dicontek, kok ;). Syukur-syukur saya ikutan bahagia kalau sampai ada teman-teman yang baca ini bisa sampai Scandinavia juga, atau kalau yang sudah, bisa pergi lagi, lagi, dan lagi 🙂

Yuk disimak yaa… 🙂

Day 1 – 4 : 

Jakarta – Amsterdam – Copenhagen

Tiba di bandara Schipol, Amsterdam, Belanda. Dari sini terbang ke Copenhagen menggunakan pesawat KLM. Di Copenhagen kami tinggal selama 4 hari 3 malam.

Budget pesawat Amsterdam – Copenhagen (KLM) :  3.350.000 IDR/orang

Budget akomodasi (rumah) : 2.460.000 IDR/orang untuk 3 malam via airbnb, saya pernah menulis tentang akomodasi airbnb di sini.

Tips transportasi dalam kota :

  • pinjem sepeda ke pemilik penginapan (kalau menginap lewat airbnb), niscaya bisa gratis !
  • Beli tiket city pass 24 jam. Beli saja yang 2 zone kalau hanya berkeliling sekitar Copenhagen. Ini jauh lebih murah dibandingkan membeli tiket single use atau sekali pakai.

Day 4 – 8 :

Oslo – Fjord Trip

Kami berangkat ke Oslo menggunakan cruise dari Copenhagen. Mahal ? Oh tentu tidak, lebih mahal tiket Jakarta – Surabaya dengan Garuda kok :D. Dari sini kami tidak menginap di Oslo, tapi menginap dalam perjalanan Copenhagen – Oslo. Di Oslo hanya numpang lewat saja dan langsung mengejar kereta ke Flam station. Untuk sampai ke Flam, kami transit di Myrdal station untuk ganti kereta wisata Flam Railway. Biayanya sudah termasuk dalam budget kereta Oslo – Flam.

Budget cruise Copenhagen – Oslo : 1.280.000 IDR/orang (sudah termasuk kamar & makan malam buffet di cruise)

Budget kereta Oslo – Flam : 1.270.000 IDR/orang (transit di stasiun Myrdal)

Kereta Oslo – Flam, transit di stasiun Myrdal, sebelum berganti kereta wisata
IMG_8744
Kereta wisata Flamsbana melalui Flam railway

Tiba di Flam station, kami naik kapal ferry menuju Aurland, salah satu daerah Fjord yang cantik sekali. Di sini kami menginap selama satu malam, dan balik lagi ke flam dengan ferry yang sama.

Budget kapal ferry Flam – Aurland – Flam (pp) : 420.000 IDR/orang

IMG_1369
Kapal ferry, salah satu moda transportasi di Fjord

Budget akomodasi (rumah) : 512.000 IDR/orang untuk 1 malam via booking.com.

Dari Aurland, kami balik lagi ke Flam untuk melanjutkan perjalanan ke Gudvangen, masih daerah Fjord. Transportasi dari Flam ke Gudvangen bisa dengan kapal Ferry (2,5 jam) atau bus (20 menit). Melihat dari segi biaya dan waktu, kami pilih untuk naik bus saja.

Budget bus Flam – Gudvangen – Flam pp : 256.000 IDR/orang

Oiya saya menyesal tidak membeli tiket bus lewat online, karena di online saya bisa mendapatkan harga 55 NOK atau 88.ooo IDR, alih-alih 128.000 IDR.

Di Gudvangen, kami menginap di hotel apartemen selama 1 malam. Di sini sudah ada kompor, alat makan, dan alat memasak sederhana. Jangan harap akan menemukan panci besar atau penggorengan yah, hanya panci yang biasa digunakan untuk merebus mie instan.

Budget akomodasi (hotel) : 2.300.000 IDR/kamar untuk 3 orang via booking.com

Dari Gudvangen, kami kembali lagi ke Flam station dengan bus, selanjutnya naik kereta satu malam menuju Oslo. Jadwal kereta Flam ke Oslo agak kurang nyaman karena kami harus transit sekitar 5 jam di Myrdal Station. Tapi lumayan juga, waktu yang tersedia bisa dipakai buat sightseeing di sekitar Myrdal dan foto-foto. Memberikan pengalaman juga untuk Zola, dan kami semua, bagaimana rasanya tidur di stasiun dan juga tidur di kereta 🙂

Budget kereta Flam – Oslo : 2.500.000 IDR/orang (sudah termasuk kamar tidur di kereta)

IMG_1548
Anak kecil tidur di stasiun 🙂
IMG_1552
Anak kecil tidur di kereta 🙂

Oslo sepertinya hanya menjadi tempat transit pada trip kali ini. Dari Oslo kami langsung menuju airport Oslo Gardermoen menuju destinasi kami selanjutnya, Stockholm !

Day 8 -9 : 

Stockholm

Budget pesawat Oslo – Stockholm (Norwegian Air) : 730.000 IDR

Seandainya waktu untuk untuk trip kali ini bisa lebih panjang, kami akan melewatkan 2 atau 3 malam di sini. Sayangnya waktu terbatas, kami pun harus melewatkan Oslo dan memangkas waktu trip kami di Stockholm hanya 1 malam saja. Di sini kami bermalam di dalam perahu yang merapat. Memang konsep penginapannya seperti itu. Jadi selagi di dalam kamar, kami bisa merasakan gejolak ombak yang sedikit bergoyang 🙂

Budget akomodasi (kamar dalam perahu) : 2.000.000 IDR/kamar via booking.com.

IMG_1581
Hotel perahu tempat menginap

Tips transportasi dalam kota :

  • Beli travel card di tourist information center di airport atau stasiun. Biasanya yang akan ditawarkan pertama kali adalah Stockholm Pass 1, 3, 5 atau 7 hari dan harganya 2,5 kali lipat travel card. Memang sudah termasuk diskon tiket masuk museum dan beberapa atraksi wisata. Tapi saya pikir, berapa atraksi wisata, sih, yang mampu dikunjungi dalam satu hari. Hanya satu saja, maksimal dua. Saya memilih membeli travel card saja.

Day 9 – 14 :

Paris

Budget pesawat Stockholm – Paris (Norwegian Air) : 1.230.000 IDR/orang

Di Paris, kami mendarat di airport Paris Orly, bukan Paris Charles de Gaule karena pesawat yang kami tumpangi adalah pesawat low cost. Di sini kami cukup menghemat biaya karena tinggal menumpang di rumah seorang teman yang sangat baik selama 2 malam. Setelah itu kami pindah ke apartemen yang kami sewa dari airbnb.

Budget akomodasi (apartemen) : 1.260.000 IDR/orang untuk 3 malam via airbnb.

Tips transportasi dalam kota :

  • Beli tiket Paris visit untuk 1, 2, 3 atau 5 hari berturut-turut untuk 3-5 zona atau beli tiket paket tiket t+ 10 buah atau tiket harian Mobilis yang bisa dipakai untuk zona-zona pilihan. Harganya akan lebih murah dibandingkan beli tiket sekali jalan.

Day 14 – 15 : 

Amsterdam – Den Haag

Budget kereta Paris – Amsterdam dengan Thalys (1st Class) : 790.000 IDR/orang

Saya tulis di judul kalau belanda itu termasuk bonus, karena di sini kami menumpang satu malam di rumah seorang teman yang sangat baik. Sebelumnya kami sudah memesan penginapan di Amsterdam selama satu malam. Harga per malam nya sekitar 1 juta IDR/orang tapi akhirnya kami cancel.

Total Budget (transportasi & akomodasi)

Sekarang mari kita hitung total budget transportasi pindah negara dan akomodasi. Maka totalnya adalah…………20.358.000 IDR/orang. Jadi, murah atau mahal ? 😉

Lalu bagaimana dengan biaya hidup, transport dalam kota dan atraksi wisata di sana ?

  • Untuk menghemat makan, saya masak sendiri. Bukan masak yang jelimet, cuma goreng-goreng aja dan pasti masak nasi ! Ayah saya gak puas makan kalau belum ketemu nasi :D. Untuk budget makan bisa dibatasi hingga 500 ribu/orang per hari, itu juga sudah bisa makan enak setiap hari. Caranya, usahakan 1-2 kali masak sendiri di rumah. Semakin banyak masaknya, semakin hemat. Makanya saya memilih penginapan dengan kompor dan alat dapur, apalagi pergi sama anak.
  • Pilih restoran dengan budget terjangkau, misalnya restoran kebab atau restoran makanan lokal yang minimalis biayanya. Boleh saja pilih restoran mahal, tapi usahakan pilih yang memang khas atau populer di negara setempat. Kalau gak, sih, buat apa. Di Jakarta juga banyak restoran mahal 😀
  • Beli tiket transportasi dalam kota yang memang biasa dipakai oleh orang lokal, jangan tiket untuk turis. Biasanya kalau tiket turis akan dicampur dengan tawaran diskon atraksi wahana atau diskon restoran, ini yang membuat mahal.
  • Kalau gak terlalu tertarik atau penting sekali, tak perlu masuk atraksi wisata. Tiket masuk museum itu lumayan harganya, meskipun bervariasi dan gak selalu mahal, sekitar 100- 500 ribu IDR/orang. Untuk tiket amusement park untuk anak harganya bisa 500 – 700 ribu IDR. Lebih baik beli via online (website resmi) jauh hari sebelumnya untuk dapat diskon dan menghindari antrian masuk yang panjang.

Tips Menekan Budget Traveling

  • Bikin itinerary ! Perjalanan yang terencana akan lebih murah daripada yang tidak terencana.
  • Pesan dan beli semua tiket dan akomodasi via online (website resmi) dari jauh hari. Untuk akomodasi bisa pesan lewat booking.com. Keistimewaan situs ini, bisa cancel gratis dengan mudah tanpa biaya. Kalau lewat airbnb, uang bisa kembali tapi harus melalui sejumlah prosedur. Untuk tiket pesawat, jangan beli dengan harga terendah karena resikonya tidak bisa refund kalau ternyata gagal berangkat.
  • Dengan budget terbatas, hindari merencakan trip lewat travel agent. Bikin itinerary dan book sendiri, seru kok ! Jalan-jalan jadi merdeka ! Buka-buka website Trip Advisorlonely planet, dan ricksteves.com untuk trip keliling eropa. Ada forum di sana, bertanyalah !
  • Untuk kid traveler, akan banyak privilege untuk anak bahkan bisa gratis transportasi dan masuk atraksi wisata. Apalagi tiket pesawat untuk bayi dan balita, bisa gratis sampai bayar hanya 50 % saja. Lumayan kaaan ! Makanya, mumpung anak masih kecil, ajakin deh jalan-jalan 🙂
  • Kalau punya teman yang sudah dekat dan sangat baik, boleh dihubungi untuk menumpang. Tapi, please, hargai si pemilik rumah, jangan seperti menginap di hotel, datang ,tidur, pulang, tanpa membereskan tempat yang ditinggali atau berperilaku seperti raja. Kita menginap di tempatnya bukan cuma untuk menghemat akomodasi tapi sekalian silaturahmi, loh. Begitu niatnya.

Untuk tiket Jakarta – Amsterdam dengan Garuda Indonesia, harganya mulai dari 12.000.ooo IDR/orang. Akan bisa lebih murah dengan maskapai penerbangan lain, seperti Cathay, Saudia Airlines, Emirate, Etihad sampai Air Asia. Semua tergantung season ya.

Kurs budget di atas dihitung senilai 1 EUR = 13.500 IDR. Untuk mata uang Norwegia, Denmark dan Swedia menggunakan mata uang Krone : NOK (Norwegia), DKK (Denmark), dan SEK (Swedia), yang nilai tukarnya berkisar antara 1.600 – 2.000 IDR.

Sudah tuh digelar itinerary dan budget saya. Budget itu bukan budget backpacker yah. Saya, mah, koper traveler :), Ada yang tertinggal atau masih penasaran ? Boleh banget, kok, tanya via email di sheika.rauf@yahoo.fr.

Happy plesiran ! 🙂

 

 

 

 

 

Advertisements

20 Comments Add yours

  1. niee says:

    Seru mbak. Pengen banget ke eropa. Tapi entah kapan 😆

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Bisa mba, bisaaa. Insya Allah bisa kl memang udah waktunya 👌

      Like

      1. niee says:

        Aamiinn. Pengen ngabisin disekitar Asia dulu kayaknya.

        Liked by 1 person

  2. tri prajoko says:

    bookmark dulu mbak 😀

    Liked by 1 person

  3. aRuL says:

    Kereeen bgt.. Pas nih, lg cari2 info keliling eropa dg budget murah.. Thx a lot yaa mba, salam kenal..

    -aRuL-

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Sama2 mas, salam kenal. Ini bisa diteken lagi loh budgetnya. Dengan budget segitu udah jalan2 mewah ☺️

      Like

  4. Slamet says:

    Boleh juga ni mbk ,,
    Note !!

    Liked by 1 person

  5. Aling says:

    Pas banget ni info nya, rencana lebaran taon depan mau ke Scandinavia starting from belanda, oiya mau tanya mbak klo pas lagi summer gimana keadaan disana? Kabar nya hotel pd mahal semua ya sama rame sekali ya? Bole minta email nya mbak? Trims

    Like

  6. Monica Primadiyanti says:

    Mba mau nanya norwegian air itu low cost airline bagus ga ya? Bagasi ketat kaya ryan or easyjet ga? Soalnya kan bawa baby pasti bagasi byk tuh… Tks ya…

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Halo mba, norwegian air itu memang ketat karena gak ada mbak2 yg jaga counter, jadi betul2 self check ini dan self drop baggage. Jadi maximal 20 kg, gak bisa lebih. Tapi kl kita mau nambah per kilo juga bisa kok. Booking bagasi nya di website norwegian air, bisa nambah per bagasi (20 kg) dan nambah kilo nya

      Like

  7. mysukmana says:

    Seru bgt, scandinavia negerinya mltr hehee

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Banget mba ! Terima kasih ya sudah mampir 🙂

      Like

      1. mysukmana says:

        Mas kak bukan mbk…

        Like

      2. Sheika Rauf says:

        Haha maaf mas. Salam kenal yaa

        Like

  8. agy says:

    salam kenal mba…

    mohon info.. OSlo-Flam pakai NSB kah? oya, semua kereta jurusan oslo flam pasti transit di Myrdal dan ganti kerena flamsbana ya? baru lanjut ke flam?

    Makasih banyak mba..
    Semoga sehat selalu..

    Like

    1. Sheika Rauf says:

      Halooo. Iya saya pakai NSB, dan keretanya memang transit di Myrdal karena kita ganti kereta dari NSB ke flamsbana railway, tapi masih satu holding dengan NSB

      Like

  9. Fulalaunee says:

    Hi Mba,

    Blognya ngebantu bngt.. Kebetulan sedang berencana untuk solo trip dari singapore ke area yg Mba sebut di atas. Boleh tanya, ada kendala bahasa ngga di setiap negara yg dikunjungin. Secara saya solo trip, jadi agak deg deg an kalo di sana ternyata gak ngerti apa apa XD..

    Trims 🙂

    Liked by 1 person

    1. Sheika Rauf says:

      Kalau pengalaman aku gak ada kendala bahasa sama sekali. Rata2 orang scandinavia bisa berbahasa inggris. Jangan khawatir 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s