Sensasi snorkeling di pekarangan rumah

Snorkeling dari laut, itu sih biasa. Gimana kalau snorkeling dari pekarangan rumah ? Tinggal nyemplung aja, gak usah naik perahu lagi ke tengah laut. Itulah yang kami alami waktu traveling ke Palabusu, Pulau Buton, Sulawesi Tenggara.

Kebetulan teman saya, mas Andy Lopez, koresponden sebuah TV nasional, asli wakatobi dan berdomisili di kota Bau Bau, memiliki rumah juga di Palabusu, Pulau Buton.

Palabusu ini sebuah desa yang terletak agak jauh dari bau-bau, kurang lebih bisa ditempuh dengan jarak 2 jam tanpa macet. Belum ada listrik, belum ada saluran air. Kalau gak ada teman saya ini, belum tentu kami bisa sampai ke sini. Beruntunglah kami.

Rumah-rumah di sini bentuknya panggung, jaraknya berjauhan antara satu rumah dengan rumah lain, terletak di atas tebing tinggi dan belakang rumahnya langsung menghadap ke laut. Wuiiiihhhh, agak iri jadinya, pingin punya juga di jakarta 😆😆

Sayang sekali waktu nyemplung saya sedang datang bulan, jadi tidak bisa ikutan gabung. Tapi saya puas sekali melihat sunset dari tebing tempat saya duduk, sambil melihat Zola dan suami saya menikmat sesi snorkeling mereka bersama teman saya, mas Andy Lopez dan teman-teman yang lain. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan.

IMG_7709
Menikmati Sunset dari Pekarangan Rumah
IMG_7720
Selfie dengan background rumah panggung
IMG_6807
Rasanya seperti di lautan luas, padahal ‘cuma’ di pekarangan rumah
IMG_6788
Baru turun tangga dari pekarangan rumah, siap-siap snorkling
IMG_6805
Snorkling kok gak pake snorkle, mas

Puas snorkeling, semua naik ke atas dan berbilas. Berbilas di sini menggunakan air tadah hujan yang ditampung di tong karena belum dibuatnya saluran air. Jadi yah apa adanya deh. Sebagai anak kota yang biasa mandi pake air hangat, ini salah satu pembelajaran juga buat Zola (7 tahun) untu bisa beradaptasi di lingkungan apapun. Zola pun mandi air tadah hujan tanpa protes.

Ini pertama kalinya kami sekeluarga berkunjung ke Indonesia bagian timur, dan insya Allah akan ada kesempatan lain berikutnya. Tadinya kami ingin singgah ke Wakatobi juga, tapi kondisi cuaca sedang tidak memungkinkan. Menurut mas Andy, ombak sedang tinggi-tingginya. Akhirnya demi keselamatan bersama, rencana itu diurungkan saja. Kami pun memutuskan hanya berkeliling pulau Buton selain mengeksplor kota Bau-Bau.

Pulau Buton memiliki alam yang luar biasa indahnya tapi sayang pariwisata kurang terkelola dengan baik. Orang-orang hanya tertarik ke wakatobi, sementara bau-bau (pulau buton) hanya jadi tempat transit. Sebenarnya gak rugi juga melewatkan satu malam di sini. Banyak obyek wisata yang menarik dikunjungi. Keliling kota Bau-bau hanya butuh kurang dari satu hari. Sementara mengeksplor Pulau Buton, 2 hari saja juga sudah cukup.

Oiya, kota Bau-bau ini kota yang bersih sekali. Karena kebersihan kotanya ini, Bau-bau berhasil memenangkan piala adipura pada tahun 2015. Ini adipura kedua setelah sebelumnya berhasil diraih pada tahun 2000. Waktu itu Bau-bau masih menjadi kabupaten, belum mekar menjadi kota seperti sekarang.

Soal transportasi, di sini sangat sulit mencari rental mobil. Tidak ada informasi apapun soal rental mobil di Bau-bau dari google. Ada rental mobil dari Kendari, tapi itupun selalu penuh dan harganya mahal. Angkot kecil pun jarang. Rata-rata masyarakat kota bau-bau memiliki motor untuk mobilisasi. Kalau ojek cenderung mudah didapat. Namun karena saya bepergian bersama anak kecil, jadi ojek bukan moda transportasi yang cocok untuk kami. Jadi kami minta tolong mas Andy Lopez menyewakan mobil untuk kami.

Tiga hari kami di Bau-bau sangat menyenangkan. Tentang obyek wisata apa saja yang kami kunjungi bisa dibaca di sini. Untuk yang ingin berkunjung ke sini, boleh loh saya bagi contact person untuk transportasi dan tourguide di sana. Tak akan menyesal trip ke sini !

Happy plesiran ! 😊

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s