Harga bersahabat di Bangkok

Saya berkunjung ke Bangkok sebenarnya bukan dalam rangka liburan, tapi menemani anak saya turnamen bola di Bangkok Patana School. Jadwal turnamen yang sangat padat membuat saya hanya berkunjung ke tempat yang mudah dijangkau saja.

Dari kunjungan yang singkat ini, saya berkesimpulan harga-harga di Bangkok begitu bersahabat. Awalnya, saya berpikir biaya hidup di Bangkok 11 12 dengan biaya di Jakarta. Ternyata, setelah empat hari di Bangkok, hati dan dompet saya cukup berbahagia. Dari pengalaman saya, di Bangkok ini semua bisa ditawar, meskipun semua harga sudah tertera di list. Coba saja tawar, minta discount. Tidak ada salahnya loh ! πŸ˜‰

Hotel

Hotel bintang 5, Baiyoke Sky Hotel, tempat kami menginap adalah hotel tertinggi di Thailand yang memiliki 88 lantai. Dari kamar hotel, kita bisa melihat pemandangan bangkok yang spektakuler. Harga semalam menginap di sini tidak sampai 1 juta rupiah (saya mendapatkan harga 930 ribu/malam), sudah termasuk sarapan buffet dengan beraneka ragam sajian yang semuanya enak. Lokasinya pun terletak di tengah kota dikelilingi restoran, pusat perbelanjaan, pasar dan obyek wisata. Ukuran kamar hotel ini besar-besar. Kamar standarnya saja cukup ditempati lima orang dewasa, dengan extra bed tentunya. Bahkan salah satu teman saya berhasil menawar untuk upgrade kamar dengan harga kamar standard.

Tentunya masih banyak sekali pilihan hotel lain dengan harga di bawah 1 juta dengan beragam fasilitas. Tinggal disesuaikan dengan budget masing-masing.

Penampakan Baiyoke Sky Hotel dari Makkasan Junction
Pemandangan dari restoran di lantai 82, tempat tamu sarapan pagi
Foto kamar diambil dari website Baiyoke Sky Hotel


Transportasi
Banyak pilihan transportasi di Bangkok, dari mulai Sky Train, taksi, bus, bus pariwisata sampai tuk tuk. Ongkos Sky Train mulai dari 15 baht per stop atau sekitar 6000 rupiah, sementara sky train pass unlimited selama 1 hari sekitar 120 baht atau 48 ribu rupiah.

Taksi juga mudah sekali didapat dan harga tidak semahal taksi di jakarta. Namun banyak sekali taksi tanpa argo. Kalau gak tau medan, lebih baik minta taksi nyalahin argo nya. Harga taksi dari airport Don Mueang ke Baiyoke Sky misalnya dengan jarak 27 km dan waktu tempuh sekitar 45 menit sekitar 170-250 baht atau 70 – 100 ribu rupiah.

Kalau tuk tuk agak sedikit mahal dibanding taksi. Tapi setidaknya harus coba naik tuk tuk kalau sudah di bangkok. Jangan lupa nawar sebelum naik !

Di sekitar hotel juga banyak sekali ditawarkan bus pariwisata. Kalau Anda datang berkelompok dan gak mau pusing, charter saja bus pariwisata ini. Kapasitasnya bisa sampai 13 orang. Biasanya ditawarkan mulai dari 1000 baht atau sekitar 400 ribu rupiah. Kemarin kami ber-6 sempat menyewa bus ini 3000 baht sudah termasuk biaya tol atau sekitar 1,2 juta rupiah untuk sightseeing satu hari termasuk ke airport. Kalau dibagi per orang 200 ribu. Sekali lagi, pintar menawar adalah kunci!

Makanan

Pilihan makanan banyak sekali, dari mulai makan di pinggir jalan sampai restoran. Jangan lupa coba makanan khas thailand seperti tom yam, sticky rice (ketan) dan duren. Sebagai negara surga buah, buah-buahan di bangkok cenderung lebih murah. Misalnya saja jus mangga murni harganya hanya 20 ribu rupiah saja segelas. Plus 1 porsi sticky rice + mangga seharga 20 ribu rupiah.

Saya sempat makan siang di hotel princeton. Hotel ini termasuk hotel bintang 3. Untuk sekelas makan di hotel saja, ber-12 dengan hidangan yang cukup mewah (tom yam, kari daging, calamary, sambel mangga, dsb) ternyata hanya menghabiskan 1700 baht atau sekitar 680 ribu rupiah. Kalau dibagi per orang sekitar 50 ribu untuk sebuah makan mewah yang kenyang.

Mau yang lebih murah juga banyaaak pilihannya. Mampir aja di pinggiran Makkasan Junction atau sekitaran Isetan.

Sticky Rice + Mango hanya 20 ribu rupiah
Lokasi di Makkasan Junction
Tempat Jualan Sticky Rice + Mango, lokasi di Makkasan Junction
Makan mewah di Princeton, hanya 50 ribu rupiah/orang
Yummyyy Tom Yam


Atraksi wisataΒ 
Banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi di Bangkok, dari mulai temple, istana kerajaan, kebun binatang sampai taman hiburan. Harga tiket masuk bervariasi. Kalau hanya lihat2 temple dan istana kerajaan, paling harga tiket tidak sampai 20 ribu rupiah. Kemarin saja, saya masuk Golden Buddha Temple cukup membayar 40 baht atau 16 ribu rupiah. Berbeda jika masuk taman hiburan seperti Dream World atau safari. Harga tiket masuknya bisa ratusan ribu rupiah.

Golden Buddha Temple
The Golden Buddha


Belanja
Sekali lagi, kuncinya pintar menawar. Beli 2 atau 3 akan jauh lebih murah. Banyak toko yang menawarkan harga grosir, pas buat yang ingin membeli souvenir buat keluarga dan teman di tanah air. Kalau menginap di Baiyoke, begitu keluar hotel sudah disambut oleh pedagang kaki lima dengan berbagai macam dagangannya. Siap2 nawar ! πŸ™‚

Jadi kesimpulannya budget trip kali ini kurang dari 5 juta berdua untuk 4 hari 3 malam udah jalan2 nyaman. Tidak terhitung tiket pesawat jakarta-bangkok plus belanja yah.

Happy plesiran ! πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s